Sunday, 19 June 2016

Review Sepeda Lipat Polygon B2W 16"

Mencari sepeda lipat yg sesuai utk kepentingan media transportasi praktis antar kota atau istilah kerennya urban komuter itu gampang-gampang susah. Awalnya yg masuk dalam radar incaran aku yakni Dahon Jifo, mengingat dari sudut geometri, kepraktisan, & ringannya (bobotnya, bukan harganya : ), mampu dipadukan bersama moda transportasi umum seperti bis atau kereta api. Tapi di toko2 sepeda di Yogya belum ada yg menjual Dahon Jifo (atau pembaca ada yg tahu di mana?).

Hasilnya pilihan jatuh kepada dua : Polygon Urbano 1.nol (2013) & Polygon B2W keduanya mempunyai diameter roda 16". Sesudah mencobanya cepat di Rodalink Yogya, dengan cara bulat & sah Polygon B2W terpilih. Alasannya : lantaran ada nama B2W aku yakin sepeda ini benar-benar tepat buat moda transportasi orang dewasa buat bekerja. Lagipula di bandingkan Urbano 1.nol bobotnya kurang lebih sama.

Review Sepeda Lipat Polygon B2W 16

Demi efisiensi, hingga di rumah sepeda cepat dipreteli untuk mengurangi bobotnya. Rem depan dicopot buat menghindari refleks mengerem depan yg dapat berakibat jungkir balik mencium aspal. Maklum aku condong agresif apabila bersepeda di jalan raya nan mulus.

Esoknya dirasa segera siap difungsikan utk beraksi. Gowes dgn bersemangat dari rumah ke stasiun kereta terdekat yang berjarak cuma 2 kilometer memakan diwaktu 10 menit. Berarti kecepatan umumnya 12 km/jam. Raihan kala tempuh & kecepatan yg menyedihkan, mengingat jalan kaki serta-merta dapat mencapai 10 km/jam.
http://www.sepedapancal.com/2015/10/spesifikasi-dan-harga-sepeda-polygon-premier-4.html
http://www.sepedapancal.com/2016/05/review-dan-harga-sepeda-gunung-polygon-monarch-4.html
http://www.sepedapancal.com/2016/03/harga-sepeda-united-venus-xc-77.html
http://www.sepedapancal.com/2016/04/harga-dan-spesifikasi-sepeda-polygon-xtrada-6.html
http://www.sepedapancal.com/2016/04/harga-sepeda-gt-terbaru.html
http://www.sepedapancal.com/2016/06/review-dan-harga-sepeda-gunung-thrill-ravage-6-0.html
http://www.sepedapancal.com/2016/06/review-dan-harga-sepeda-gunung-thrill-vanquish-1-0.html
Belum lagi turun di stasiun Yogya masihlah mesti menggowes pol sejauh 7 kilo meter krn menguber janji ketemu klien yang dpt ditempuh dalam disaat 30 menit. Rekor tambah baik, kecepatan 14 km/jam. Namun itu dibayar dgn ngos-ngosan & jantung berdegup kencang spt ingin pingsan rasanya demikian berakhir hingga di maksud.

Tentu ada yang tidak beres bersama sepeda ini. Selidik miliki selidik sesudah menyimak kotbah Mbah Sheldon Brown berkaitan gear inches, di situlah biang keroknya. Dgn komposisi roda 16x1.75, chainring 46T, & panjang crank arm 160mm di posisi stabil sproket 14T, didapatkan gear inches : 44.2". Bandingkan gear inches Dahon Jifo se besar 65", singlespeed, didapat dari chainring 39T & freewheel 10T (ada yang miliki freewheel 10T?). Artinya untuk Polygon B2W, sepol-polnya kaki berputar dengan cara konstan ia dapat bergerak seperti siput!

Dikarenakan itu bersama perincian bawaan standar, sepeda lipat ini tak serasi menyandang nama B2W (Bike2Work), yang menurut definisi aku memang lah kusus untuk bekerja yang meminta kecepatan, kepraktisan, & efisiensi. Barangkali lebih serasi B2P (Bike2Picnic), B2C (Bike2CFD-an) atau sepeda yang diperuntukkan buat anak2. Tidak salah, lantaran setibanya di ruangan maksud klien aku bilang : gunakan sepeda anaknya ya mas? Hahaha! Lantaran itulah aku serentak menutup logo & tulisan2 B2W dengan plester hitam. Tapi, jangan sampai mungil hati, geometri sepeda lipat ini nyaris sama bersama Dahon Jifo atau sepeda lain sekelasnya dari hal jarak seatpost ke handlebar, tinggi seatpost, & wheelbase. Ini artinya memang lah buat orang dewasa & sesuai buat urban komuter.

Ubah chainring 46T bawaan ke 52T atau tukar sproket 6 speed bersama freewheel singlespeed 11/12T dapat ideal & menjadi komplit untuk jadi sepeda lipat urban komuter yang gesit. Gimana dengan internal gear? Opsi yang menarik bila cog-nya 16T. Tetapi tampaknya bakal mengorbankan bobot & tidak mengurangi kabel di handlebar. Idealnya, singlespeed coaster brake, & tidak dengan kabel. Itulah beberapa Review Sepeda Lipat Polygon B2W 16"

Review Sepeda Lipat Polygon B2W 16" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Subandi Nakulo